SELAMAT DATANG PARA PECINTA ALLAH SWT DAN RASUL SAW,JANGAN LUPA FOLLOW BLOG ANE DAN ISI BUKU TAMUNYA| ~Semoga Blog ini bermanfaat untuk antum-antu semua,maaf jika ada kekurangan~
|Sabda Rasulullah saw : “Belum sempurna iman kalian, hingga aku lebih dicintainya, dari ayah ibunya, dan anaknya, dan seluruh manusia” (Shahih Bukhari)|.

Kamis, 21 April 2011

Ulama dan Para Wali

Ulama (jama` dari orang alim), Ulama bisa dibilang Ulama bila dia telah memahami 3 hal :
1. Ilmu Syariat
2. Ilmu Thariqat
3. Ilmu Haqeqat
 Sesungguhnya ulama telah disebutkan di dalam Al-Qur`an dan Hadits Nabi SAW bahwa Allah SWT akan mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu.
Nabi SAW bersabda : “Ulama warisannya para nabi” dan Nabi SAW bersabda yang diriwayatkan dari Ibnu Mas`ud : “Wahai Ibnu Mas`ud, duduknya kamu satu jam di majlisnya orang alim, tidak memegang pena atau pulpen dan tidak menulis satu huruf pun maka lebih baik kamu daripada kamu memerdekakan seribu orang budak, dan melihatnya kamu ke wajah orang alim, maka lebih baik kamu dari pada kamu menyedekahkan seribu kuda di jalan Allah SWT dan mencium tangannya orang alim, maka lebih baik kamu dari pada kamu beribadah seribu tahun”.
Berkata Nabi SAW : “Satu orang ahli ilmu seperti ulama yang waro (apik) lebih ditakutkan syaiton dari pada seribu orang ahli ibadah yang bersungguh-sungguh tetapi dia bodoh”.
Berkata Nabi SAW : “Barang siapa yang mencari ilmu kepada seorang ulama maka Allah akan mengampuni dosanya sebelum dia melangkah”.
Berkata Nabi SAW : “Barang siapa yang memandang kepada seorang alim dengan memandang pandangan gembira, maka Allah SWT menjadikan pandangannya dengan Allah menciptakan para Malaikat yang khusus untuk memintakan ampun kepada Allah untuk orang yang memandang ulama”.
Berkata Nabi SAW : “Barang siapa yang memuliakan orang alim, maka dia telah memuliakan aku, dan barang siapa yang telah memuliakan aku, maka dia telah memuliakan Allah, barang siapa yang telah memuliakan Allah maka tempatnya adalah di syurga”.
Berkata Nabi SAW : “Tidurnya orang alim lebih baik dari pada ibadahnya orang jahil atau bodoh”.
Jelas hadits di atas bahwa ulama adalah kekasih Allah SWT dan kekasih Nabi SAW, Ulama-ulama Nabi Muhammad SAW adalah ulama yang mengajak umat mengajarkan kepada kebesaran Allah SWT dan mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW serta menerangkan kepada mereka tentang :
1. Ilmu Wajib
2. Ilmu Sunah
3. Ilmu Makruh
4. Ilmu Mubah
5. Ilmu Subhat
Di dalam ilmu syari`at, thareqat dan haqeqat.
Hakekatnya tugas ulama kepada orang awam adalah mengajarkan bahwa Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, agar ketauhidan dan keyakinan mereka tidak berubah dari kemegahan dunia serta isinya.
Apakah Para Wali Itu ?
Aulia atau Wali adalah ulama yang mengamalkan ilmu Allah SWT, ada yang diberi dan ada yang harus dengan belajar.
Aulia atau Wali adalah karunia dari Allah yang tidak bisa dicita-citakan untuk orang tersebut menjadi wali. Para Aulia atau Wali mereka kebanyakan beristiqomah/konsisten/kontinyu di dalam mengamalkan amal ibadah kepada Allah SWT, tetapi Aulia ini dibagi 2 :
1. Aulia atau Wali yang di mulai dengan menuntut ilmu
Aulia atau Wali ini akan lebih dipelihara oleh Allah SWT dengan ilmu yang dimilikinya karena dia memahami karunia yang telah diberikanNya, maka dia akan menjaga dengan sebaik-baiknya, menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.
Allah SWT berfirman : ”Sesungguhnya para wali-wali Allah tidak merasakan takut dan tidak merasakan sedih”.
Ayat di atas jelas bahwa Allah SWT ridho kepadanya dan dia ridho kepada Allah SWT, baik apa yang Allah berikan kesenangan maupun kesusahan, tidak ada di hati para Wali Allah itu mengeluh karena mereka selalu bersyukur dan hari-harinya bertambah kebaikan sehingga Allah memberikan kelas yang tinggi disisi-Nya dengan beberapa macam kelas, para Wali Allah itu seperti ilmu padi, hati mereka makin terisi dengan cahaya, maka makin tunduk dan patuh kepada aturan-aturan Allah SWT.
Sesungguhnya telah jelas para Wali-wali Allah di dalam sabda Nabi SAW bahwa Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya bila seseorang hamba Allah dicintai oleh-Nya maka Allah akan menjadikan matanya adalah mata-Ku, kupingnya adalah kuping-Ku, mulutnya adalah mulut-Ku dan gerakannya adalah gerakan-Ku dan barang siapa yang mengganggunya maka dia siap berperang dengan-Ku”.
Maka demikian itu Allah memberikan kelebihan kepada mereka berupa kelebihan yang diluar akal manusia yang dinamai dengan “Karomah”.
Karomah
Karomah atau sering disebut dengan Keramat (Kemuliaan), kemuliaan disebabkan karena pengamalan ilmu mereka sehingga menimbulkan efek-efek kebaikan, mereka tidak rela melihat orang-orang fukoro atau masakin kesusahan, mereka selalu menjaga anak-anak yatim dan banyak sekali amal kebaikan yang menimbulkan karomah atau kemuliaan.
Sebagian dari ulama menafsirkan bahwa karomah atau kemuliaan Allah berikan kepada para Wali-wali Allah seperti hal-hal yang tidak diberikan kepada hamba-hamba Allah yang biasa seperti contohnya : ada mereka yang bisa menyembuhkan orang yang buta, ada mereka yang bisa berjalan di air atau di udara atau hal-hal yang diluar kebiasaan manusia, akan tetapi hakekatnya bahwa para wali Allah itu mulia karena mereka memuliakan undang-undang Allah SWT. Diantara mereka banyak sekali dan tidak terhitung jumlahnya dan tidak ada satu orang walipun yang mengakui dirinya wali.
2. Aulia atau Wali yang diberikan dengan karunia Allah tanpa belajar
Ada pula Aulia atau Wali yang diberikan dengan karunia Allah tanpa belajar tetapi banyak dari pada mereka yang tidak bisa menjaganya seperti contohnya Barsesoh yang diberikan kemuliaan semua muridnya bisa terbang, akan tetapi karena tidak memiliki ilmu dia menghalalkan segala cara sehingga dia mati dalam keadaan yang buruk.
Maka kesimpulannya adalah bahwa ilmu itu diatas segala-galanya.

Wallahu`alam



Dikutip dari www.nurulmusthofa.org

17 komentar:

  1. Microsoft Office has numerous projects like MS Word, Excel, Outlook, and so forth. In the wake of finishing the downloading procedure of MS Office, www.office.com/setup experience the means given beneath and download it on your gadget

    BalasHapus
  2. Avg is a well- known name in the field of virus protection. The reason for which this name is common among all end users is its free antivirus and malware protection.It not only sounds www.avg.com/retail free but it provides a lot more with no money. It scans for virus and malware.

    BalasHapus
  3. Norton Antivirus is a kind of software program that protects your computer and stops viruses, www.norton.com/setup
    spyware, worms and Trojan horses from computer.

    BalasHapus
  4. Webroot Product Key Code & Webroot Serial Key for Activation www.webroot.com/safe activation is one of the most important and powerful applications which mainly designs to tackle harmful malware and help to secure information

    BalasHapus
  5. Norton AntiVirus is an anti-virus and anti-malware software product, developed and distributed by Symantec Corporation since 1991 as part of its Norton family of computer security products.www.norton.com/setup
    It uses signatures and heuristics to identify viruses.

    BalasHapus
  6. Download Norton Mobile Security and Antivirus application that can shield your records from getting affected from any online malware or contamination www.norton.com/setup
    norton setup product key.

    BalasHapus
  7. office setup is the best software which is widely used in globe .It is a powerful service that helps you unleash your best ideas , get things done, and stay connected on the go. www.office.com/setup for more details visit:

    BalasHapus
  8. Roku gives the least complex approach to stream stimulation to your TV. On your terms. www.roku.com/link With a large number of accessible channels to look over.

    BalasHapus
  9. Try office.com/setup which is very easy to install, download and redeem. Use of it is also simple and the user can learn the use of it easily. www.office.com/setup Online Support&help option is also available in all application which provides an instant guideline.

    BalasHapus
  10. Install mcafee antivirus in your computer with high class professionals and best tech team. Just ring us and we are ready to assist you till the last minute of installation www.mcafee.com/activate
    visit here.

    BalasHapus
  11. roku.com/link this is least problematic approach to manage stream impelling to your TV. On your terms. With a significant number of accessible channels to explore for more details. www.roku.com/link
    visit: today

    BalasHapus
  12. To enact the Norton setup, select the Activate Now option at the base. To recharge the membership for Norton, select the Help choice and snap on Enter item key. Cautiously type the right Norton item key in the clear. Snap on the Next catch. www.norton.com/setup Go through with for more details.

    BalasHapus
  13. To enact the Norton setup, select the Activate Now option at the base. To recharge the membership for Norton, select the Help choice and snap on Enter item key. Cautiously type the right Norton item key in the clear. Snap on the Next catch. www.norton.com/setup Go through with for more details.

    BalasHapus
  14. webroot is a light weighted software,install extreme digital security at webroot safe or at www.webroot.com/safe introduce ,click here to download webroot safe.

    BalasHapus
  15. webroot cyber security is a ultimate internet security suite for complete protection against today's diverse range of threat on windows. key features are 100% secure secure shopping, 1 click virus scanning, malicious website filtering, unblock antivirus. www.webroot.com/safe if you want to install it then visit our site:

    BalasHapus
  16. Log in with Microsoft Account using Id and password associated with the copy of MS office you have bought www.office.com/setup
    Setup Office 365/2019.

    BalasHapus
  17. Norton offers support to install the software on the computer same way we, www.norton.com/setup
    here at superb support offers premium services to support the user to install Norton and other antivirus programs and other computer related issues.

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons